Monday 24 November 2014

Casa SM, Rumah Berlokasi di Sisi tebing di Kota Meksiko karya 3archlab (architectaria.com)

casa_SM_15
Desain rumah di sisi tebing karya 3archlab dengan halaman terbuat dari beton dengan posisi rumah yang melawan tebing.
Sebuah rumah atau bangunan yang berada di sisi tebing idealnya dibangun dengan membelakangi tebing, agar penghuni dapat melihat pemandangan di jurang dan pepohonan di sekeliling tebing lebih leluasa.
Tetapi, ide tersebut dirasa cukup mainstream, terutama bagi 3archlab, sebuah studio arsitektur lokal di Kota Meksiko. Tak seperti rumah di pinggir tebing pada umumnya, rumah ini berdiri di lokasi yang menghadap arah yang melawan tebing. Gambar – gambar di bawah ini akan menjadi saksinya.
Casa SM, tempat tinggal di Meksiko yang dikelilingi tebing – tebing
3archlab merancang sebuah tempat tinggal dengan tiga kamar , yang disebut Casa SM. Tempat
tinggal ini berlokasi di Meksiko dan dikelilingi tebing – tebing terutama di bagian belakangnya, menjadikan tebing ini semacam dinding penahan terbuat dari batu yang umum kita lihat pada rumah – rumah di area tebing dan pegunungan. Di sisi kanan dan kirinya, nampak rumah – rumah lain yang lokasinya agak jauh dari Casa SM ini.
casa_SM_1
Desain Arsitektur Rumah di Sisi Tebing – View 2
casa_SM_2
Desain Arsitektur Rumah di Sisi Tebing – View 3
Awalnya, seorang arsitek dari 3archlab didatangi oleh seorang klien yang meminta dibuatkan sebuah rumah yang memiliki “hubungan ekstrim dengan alam” di mana setiap ruangan dikelilingi unsur alam, sehingga begitu lekat dengan alam dan pemandangan sekitar. Akhirnya, tim arsitek dari 3archlab berhasil menemukan sebuah ide rumah di mana setiap lantainya terhubung dengan sebuah halaman outdoor yang lokasinya ‘terjepit’ di antara bagian belakang rumah dan tebing.
Rumah yang dekat dengan alam, tenang, nan damai, dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan
Salah seorang arsitek dari 3archlab, Emilio Ades Cohen, mengungkapkan bahwa klienya menginginkan sebuah rumah yang begitu dekat dengan alam, tenang, nan damai, dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Mereka menggambarkannya seperti sebuah rumah musim panas atau semacam villa yang nyaman untuk liburan.
casa_SM_4
Desain Arsitektur Rumah di Sisi Tebing – View 4
Pintu masuk ke rumah Casa SM ini terletak cukup jauh dari rumah – rumah sekitarnya, yakni di lantai yang paling atas di mana terdapat akses yang memungkinkan orang masuk melalui pintu kaca. Tak hanya itu, di sini kita akan menemukan shutter berbahan metal yang langsung menghadap jalan yang ada di puncak bukit. Sehingga dari sini, kita akan disuguhkan pemandangan puncak bukit dan kendaraan atau orang – orang yang lalu lalang di sana.
casa_SM_5
Desain Arsitektur Rumah di Sisi Tebing – View 5
Garasi dan kantor didesain untuk diletakkan di lantai atas, lalu diikuti dengan keberadaan teras pada rooftopnya. Sementara, ruang tamu utama, dapur, area lounge, ruang makan dan ruang mencuci pakaian berada di seberang tingkat di bawahnya. Tiga kamar tidur, beberapa kamar mandi dan ruang TV ditempatkan di lantai bawahnya, dan pada lantai terendah, kita bisa menemukan sebuah gudang, pusat kebugaran dan spa, dan sebuah taman yang sebagian berada di bawah bawah rumah.
casa_SM_19
Desain Arsitektur Rumah di Sisi Tebing – View 6
casa_SM_20
Desain Arsitektur Rumah di Sisi Tebing – View 7
casa_SM_21
Desain Arsitektur Rumah di Sisi Tebing – View 8
Struktur rumah di tepi tebing terbuat dari beton cast dan wooden formwork
Struktur rumah di tepi tebing ini terbuat dari beton cast dengan ditopang wooden formwork. Secara keseluruhan, terdapat tiga tangga yang ada di bangunan rumah ini, di mana satu tangga berada di halaman, dan 2 tangga berada di dalam rumah. Ketiga tangga ini dibuat untuk menghubungkan keempat lantai yang ada dalam Casa SM ini. Ketiga tangga dibuat dengan struktur yang independen dan terdiri atas berbagai macam material, misalnya beton hitam, batu, dan kayu pinus.
casa_SM_3
Desain Arsitektur Rumah di Sisi Tebing – View 9
Cohen beserta timnya yang lain menggunakan batu dan wooden formwork. Ia begitu menjaga dan memperhatikan setiap detail topografi di lingkungan rumah ini dengan baik, tanpa merusaknya. Mereka berusaha membuat tempat tinggal ini begitu menyatu dengan lingkungan sekitar. Hasilnya, sebuah teras dan platform tercipta dengan apik.
casa_SM_7
Desain Arsitektur Rumah di Sisi Tebing – View 10
Tangga yang terletak di bagian eksternal disusun dari beton dan batu, mampu melingkupi halaman sekitar, serta keberadaan pohon besar yang tumbuh di pusatnya. Sebuah dinding batu dari tebing membelakangi area ini.
casa_SM_24
Desain Arsitektur Rumah di Sisi Tebing – View 11
Tim arsitek tersebut juga menggunakan tanaman pakis yang dihadirkan di taman dan dan di pot – pot yang mengelilingi semua kamar. Dengan cara ini, sang arsitek sedang berusaha membantu pemilik rumah agar tercipta konektifitas atau hubungannya dengan alam pada setiap ruangan di rumah.
casa_SM_13
Desain Arsitektur Rumah di Sisi Tebing – View 12
Tangga – tangga ini terhubung ke serangkaian jalan setapak yang tak lebar dan terbuat dari beton. Di rumah ini juga terpasang sebuah pagar dari bahan metal berwarna hitam yang terletak di sepanjang bagian belakang rumah.
Tangga dari bahan kayu pinus yang memberikan akses ke beberapa ruangan
Kaca panel yang ada pada setiap tingkat menghubungkan ruangan – ruangan dengan teras dari beton. Pada bagian interiornya, kita bisa mengidentifikasi adanya sebuah tangga dari bahan kayu pinus yang memberikan akses antara garasi, dapur, dan ruang TV. Sebuah lemari atau cupboards ditempatkan terintegrasi ke dalam tangga, sehingga menciptakan ruang penyimpanan untuk dapur.
casa_SM_12
Desain Arsitektur Rumah di Sisi Tebing – View 13
Di lantai bawah, halaman membentang di bawah rumah yang secara bertahap turun hingga ke bagian depan rumah. Area ini ini tersusun atas batu dan wooden formwork yang tersisa dari beton konstruksi.
casa_SM_16
Desain Arsitektur Rumah di Sisi Tebing – View 14
Pada fasad depan, beberapa planter terbuat dari beton hitam mempertegas keberadaan balkon yang tepat mengarah ke kota.
(image source by: www.dezeen.com)

sumber:  architectaria.com

No comments:

Post a Comment